Senin, 26 September 2011

Ikhlas

      Ikhlas artinya memurnikan tujuan bertaqarrrub kepada Alloh Subhanahu wa ta'ala dari hal-hal yang mengotorinya.Arti Lainnya: menjadikan Alloh Subhanahu wa ta'ala sebagai satu-satunya tujuan dalam segala bentuk ketaaatan.Atau; mengabaikan pandangan mahluk dengan cara selalu berkonsentrasi kepada Al-Kholiq.
       Ikhlas adalah syarat diterimanya amal shalih yang dilaksanakan sesuai dengan sunnah Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Salam.Alloh Subhanahu wa ta'ala telah memerintahkan kita untuk itu dalam firman-Nya, yg artinya: " Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya beribadah kepada Alloh dengan memurnikan die (agama) kepada-Nya,lagi bersikap lurus "(Al-Bayyinah : 5)
       Abu Usamah meriwayatkan, seseorang telah menemui Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Salam,dan bertanya, "Bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang berperang untuk mendapatkan upah dan pujian? Apakah ia mendapatkan pahala ?
Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Salam menjawab, "Ia tidak mendapatkan apa-apa "Orang tadi mengulangi pertanyaan-nya 3 kali.Rasulullah Shalallahu'alaihi wa Salam pun tetap menjawab, "Ia tidak mendapatkan apa-apa." lalu beliau bersabda,(yg artinya) :Sesungguhnya Alloh Subhanahu wa ta'ala tidak mnerima suatu amal, kecuali jika dikerjakan murni karenaNya dan mengharap wajah-Nya. (H.R Abu Dawud dan An-Nasa'i dengan sanad yang Jayyid (bagus) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar